IPS

Materi IPS Kelas 7 SMP Sesuai Kurikulum Terbaru (Lengkap)

Materi IPS Kelas 7 Sesuai Kurikulum Terbaru (Lengkap)

Materi pelajaran tentu sangat diperlukan sebagai bahan pembelajaran. Untuk persiapan ulangan harian, Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS), dan sebagainya juga memerlukan materi pembelajaran. Oleh karenanya, artikel ini akan menyediakan berbagai materi pembelajaran, salah satunya adalah Materi IPS Kelas 7 mulai dari Bab 1 sampai 4. 

Ringkasan Materi IPS Kelas 7

Bagi kamu yang sedang duduk di bangku SMP kelas 7 atau kelas 1 SMP, kami sudah menyiapkan materi IPS yang sesuai dengan kurikulum. Mari simak penjelasannya berikut ini!

Bab 1: Manusia, Tempat, dan Lingkungannya

Bab pertama yang dibahas pada materi pelajaran IPS kelas 7 adalah mengenai Manusia, Tempat, dan Lingkungannya. Manusia merupakan salah satu makhluk ciptaan Tuhan yang dikaruniai akal dan pikiran yang dapat digunakan untuk meningkatkan derajat dan kualitas hidupnya. Dengan akal pikiran inilah, manusia berbeda dengan makhluk ciptaan Tuhan yang lain. 

Sebagai makhluk individu, manusia adalah suatu kesatuan yang tak bisa dibagi-bagi atau biasa disebut berbeda antara manusia satu dengan yang lainnya. Namun, manusia juga tak bisa lepas dari ketergantungan terhadap manusia atau makhluk lain dalam kehidupannya. Oleh karena itu, manusia juga disebut makhluk sosial. Selain itu, manusia juga sering disebut sebagai makhluk budaya. Mengapa? Karena dalam setiap generasi, manusia selalu mempelajari dan mewariskan budaya yang berbeda antara masyarakat satu dengan masyarakat lainnya. 

Untuk keberlangsungan hidupnya, manusia tentu membutuhkan tempat dan lingkungan. Tempat disebut juga ruang atau bidang. Ruang adalah tempat yang digunakan oleh makhluk hidup untuk tinggal karena memiliki unsur-unsur yang diperlukan untuk bertahan hidup. Unsur-unsur tersebut meliputi daratan, perairan, dan udara. Adapun Lingkungan adalah gabungan sumber daya alam (tanah, air, cahaya, udara, flora, dan fauna) yang ada di sekitar manusia yang dapat mempengaruhi kelangsungan hidupnya. Lingkungan terdiri atas komponen hidup dan tak hidup. 

Bab 2: Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial

Bab kedua yang dipelajari dari materi IPS kelas 7 ialah tentang interaksi sosial dan lembaga sosial. Interaksi sosial merupakan hubungan antar individu, antar kelompok, maupun antar individu dengan kelompok. Ciri-ciri terjadinya interaksi sosial di antaranya jumlah individu lebih dari satu orang, adanya komunikasi, ada dimensi waktu, serta ada tujuan yang hendak dicapai. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi proses interaksi sosial, antara lain imitasi, sugesti, identifikasi, dan simpati. 

Bentuk interaksi sosial juga bermacam-macam. Pada dasarnya ada dua bentuk interaksi sosial, yakni asosiatif dan disosiatif. Ada beberapa wujud proses interaksi sosial asosiatif, di antaranya koalisi (kerjasama), akomodasi, dan asimilasi. Sedangkan wujud proses interaksi disosiatif meliputi kompetisi (persaingan), kontravensi, dan pertentangan.

Lembaga sosial merupakan sesuatu yang dibutuhkan dalam kehidupan manusia untuk menata tingkah laku serta memenuhi kebutuhan masyarakat. Terdapat beberapa jenis lembaga sosial, antara lain lembaga keluarga, lembaga agama, lembaga ekonomi, lembaga pendidikan, dan lembaga politik. Fungsi dari lembaga sosial adalah memberi arahan dan pedoman kepada setiap individu maupun kelompok dalam masyarakat agar saling terintegrasi sehingga tidak terjadi penyimpangan dan hidup dalam keharmonisan.

Bab 3: Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan

Berikut ini akan disediakan ringkasan materi IPS kelas 7 Bab 3 yakni tentang aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Karena manusia selalu berhasrat untuk memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan hidupnya, manusia juga disebut sebagai makhluk ekonomi. Pada dasarnya, kebutuhan manusia adalah suatu keinginan terhadap suatu barang atau jasa yang menuntut untuk dipenuhi. Namun ketersediaan barang dan jasa terbatas sedangkan kebutuhan manusia yang sangat beragam dan terus bertambah. Hal tersebut menyebabkan kelangkaan. Kebutuhan manusia ada beragam jenisnya, tergantung tingkat intensitas, sifat, waktu pemenuhan, dan subjeknya. 

Bab 4: Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam

Ringkasan materi IPS kelas 7 pada bab ini membahas tentang kehidupan masyarakat Indonesia pada masa Praaksara, Hindhu-Buddha, dan Islam. Pada masa praaksara, manusia belum mengenal tulisan. Kehidupan manusia pada masa ini terbagi menjadi tiga tingkatan, antara lain masa berburu dan mengumpulkan makanan, masa bercocok tanam, dan masa perundagian. Kepercayaan yang dianut manusia zaman praaksara yakni animisme dengan menjunjung nilai gotong royong dan musyawarah. 

Sedangkan pada masa Hindu-Buddha, di Indonesia mulai bermunculan kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu dan Buddha. Contohnya Kerajaan Kutai, Tarumanegara, Sriwijaya, Mataram Kuno, Majapahit, dan masih banyak lagi. Selain itu, terdapat beberapa teori mengenai masuknya kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia. Sebut saja teori Ksatria, Brahmana, Waisya, dan teori Arus Balik.

Saat kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia mulai runtuh, agama Islam pun masuk ke Indonesia sekitar abad ke-7 hingga ke-13 Masehi. Berbagai kerajaan yang bercorak Islam pun juga mulai bermunculan, di antaranya Kerajaan Samudera Pasai, Kerajaan Demak, Kerajaan Banten, dan lain-lain.

Sudah Paham Materi IPS Kelas 7?

Nah, demikianlah uraian materi IPS kelas 7 bab 1-4. Semoga uraian materi di atas dapat membantu dan memenuhi kebutuhan belajar sehingga bisa menguasai pelajaran kelas 7, khususnya pada mata pelajaran IPS. 

Author

Alexandromeo Lawrence

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *